Pengertian Ilmu Komputasi

Ilmu komputasi atau perhitungan ilmiah berkaitan dengan membangun model matematika dan analisis kuantitatif teknik dan menggunakan komputer untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan ilmiah.

Dalam penggunaan praktis, biasanya penerapan simulasi komputer dan bentuk lain dari perhitungan dari analisis numerik dan ilmu komputer teoritis untuk masalah dalam berbagai disiplin ilmu.

Bidang ini berbeda dari teori dan eksperimen laboratorium yang merupakan bentuk-bentuk tradisional sains dan rekayasa. Pendekatan ilmu komputasi  adalah untuk mendapatkan pemahaman, terutama melalui analisis model matematika diimplementasikan pada komputer .

Para ilmuwan dan insinyur mengembangkan program komputer , aplikasi perangkat lunak , sistem model yang sedang dipelajari dan menjalankan program dengan berbagai set parameter input. Biasanya, model ini memerlukan sejumlah besar perhitungan (biasanya floating-point ) dan sering dijalankan pada super komputer atau komputasi terdistribusi platform.

Analisis numerik merupakan fondasi penting bagi teknik yang digunakan dalam ilmu komputasi.

4 thoughts on “Pengertian Ilmu Komputasi

  1. […] baru di indonesia jadi masih banyak yang gak tau soal jurusan ini. kalau kalian ingin tau, bisa klik disini. hm kalo umur aku, ya dikira-kira aja deh ya berapa. yang pastinya dibawah 20 tahun dong hehe. udah […]

  2. […] Ilmu komputasi atau perhitungan ilmiah berkaitan dengan membangun model matematika dan analisis kuantitatif teknik dan menggunakan komputer untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan ilmiah Dalam penggunaan praktis, biasanya penerapan simulasi komputer dan bentuk lain dari perhitungan analisis numerik dan ilmu komputer teoritis untuk masalah dalam berbagai disiplin ilmu.Bidang ini berbeda dari teori dan eksperimen laboratorium yang merupakan bentuk-bentuk tradisional sains dan rekayasa. Pendekatan ilmu komputasi  adalah untuk mendapatkan pemahaman, terutama melalui analisis model matematika diimplementasikan pada komputer .Para ilmuwan dan insinyur mengembangkan program komputer , aplikasiperangkat lunak , sistem model yang sedang dipelajari dan menjalankan program dengan berbagai set parameter input. Biasanya, model ini memerlukan sejumlah besar perhitungan (biasanya floating-point ) dan sering dijalankan pada super komputer atau komputasi terdistribusiplatform.Analisis numerik merupakan fondasi penting bagi teknik yang digunakan dalam ilmu komputasi. Sumber: https://ilmukomputasi09.wordpress.com/pengertian-ilmu-komputasi/ […]

Tinggalkan komentar