Data Mining : Analisis Pembiayaan Murabahah Dengan Metode Association Rule

Kali ini kita akan membahas materi data mining  “ANALISIS PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN METODE ASSOCIATION RULE MINING” proyek data mining ini dikerjakan oleh kelompok Nur Rahmawati, mahasiswa Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom angkatan 2010.

Anggota Kelompok

Dhimas Wahyu Ardito Wiraga (118091015)
Muhammad Saddam Salsabillah (118100030)
Nur Rahmawati (118100038)
Cintya Cahyandari (118104100)
Siti Aisyah Hamri (118090017)

Murabahah merupakan  penjualan suatu barang dengan membayar harga pokok ditambah dengan laba yang telah disepakati oleh pihak bank dengan nasabah [2]. Murabahah sering dilakukan oleh pihak bank dan nasabah, dimana bank sebagai penjual dan nasabah sebagai pembeli. Transaksi seperti ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Dengan banyaknya transaksi yang ada, tentunya sia-sia jika data yang ada tidak digali informasinya. Dengan menggali suatu data ,kita  dapat memperoleh informasi yang terkandung didalamnya. Dari informasi yang diperoleh tentunya akan memberikan banyak manfaat.

Salah satu metode dalam menggali data sehingga diperoleh informasi adalah  Association rule Mining dengan algoritma Apriori. Metode ini dapat menentukan hubungan antar atribut dimana hasil yang diperoleh dalam bentuk rule. Dari setiap rule inilah informasi penting dapat kita ketahui. Pada penelitian ini atribut yang digunakan adalah plafon, lama angsuran dan prosentase margin. Dengan metode association rule informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk pengambilan keputusan oleh pihak bank dalam menentukan pembiayaan murabahah.

Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia sangat pesat. Hampir di setiap wilayah terdapat Bank Syari’ah. Hal ini tentunya semakin banyak persaingan yang terjadi diantara Bank Syari’ah yang ada di Indonesia. Selain itu juga terjadi persaingan dengan bank lain. Untuk bisa menjadi pemenang dalam persaingan, suatu Bank Syari’ah harus memiliki sisi  beda yang menjadi kelebihan jika dibandingkan dengan Bank Syari’ah yang lain.

Salah satu kesempatan yang dapat dimanfaatkan yaitu memiliki kelebihan dibidang teknologi informasi. Pada Bank Syari’ah tentunya memiliki banyak data-data transaksi. Yang jika diolah akan mendapatkan informasi yang berarti dari data tersebut. Terutama data transaksi dari Murabahah.  

Murabahah merupakan  penjualan suatu barang dengan membayar harga pokok ditambah dengan laba yang telah disepakati oleh pihak bank dengan nasabah [2]. Menetukan besarnya keuntungan dalam penjualan inilah yang menjadi masalah oleh pihak Bank Syari’ah. Tidak boleh sangat besar, karena nasabah juga akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi dengan Bank Syari’ah tersebut. Tidak juga terlalu sedikit dalam mengambil keuntungan.

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengetahui hubungan antar atribut yang terlibat didalam transaksi Murabahah. Untuk mengetahui hubungan atribut tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan  teknik data mining yaitu Assosiation Rule dengan menggunakan algoritma apriori. Analisa terhadap pola dalam data pembiayaan Muharahah  berdasarkan pada harga pokok (plafond), lama angsuran dan prosentase margin (keuntungan yang disepakati).

Download Paper

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s